KURIKULUM PONPES QORYATUL QUR’AN KAUMAN

PENGERTIAN :

  1. Kurikulum

Adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar (untuk mencapai tujuan pendidikan Ponpes).

  1. Jam Pelajaran

Adalah satuan waktu pemberian pelajaran, yang berlangsung selama 45 menit.

  1. Semester

Adalah satuan waktu yang terkecil untuk menyatakan lamanya satu program pendidikan dalam suatu jenjang pendidikan dalam satu semester dengan 16-20 minggu efektif kerja.

  1. Mata pelajaran

Adalah pelajaran-pelajaran di Pondok yang terdiri dari:

  • MPA (Mata Pelajaran Agama)
  • MPU (Mata Pelajaran Umum)
  • MPK (Mata Pelajaran Ketrampilan)

 

PROGRAM UNGGULAN & JENJANG PENDIDIKAN:

(1) Program Unggulan Ponpes adalah:

  1. Hifdzul Qur’an (Menghafal Al-Qur’an).
  2. Hifdzul Mutun (Hadits & Matan-matan pelajaran Aqidah, Nahwu Shorof)
  3. Penguasaan bahasa Arab dan materi-materi pokok agama.

(2) Jenjang program pendidikan terdiri dari:

  1. Mutawasithah/ Tsanawiyah selama 3 tahun (setingkat SMP)
  2. Aliyah selama 3 tahun (setingkat SMA)
  3. TQD selama 3 tahun

METODE PEMBELAJARAN :

  1. Seluruh jenjang Pendidikan menggunakan metode klasikal dan menerapkan sistem semester sebagai satuan waktu.
  2. Untuk semua jenjang Pendidikan, semua mata pelajaran agama menggunakan buku pegangan berbahasa Indonesia maupun Arab.
  3. Buku-buku pelajaran agama adalah buku-buku karya ulama’ dari Ahlussunnah.
  4. Dalam pengajaran menerapkan dua system yaitu guru kelas dan guru bidang studi.

DASAR TUJUAN UMUM PENDIDIKAN :

  1. Dasar pendidikan di Pondok Pesantren Qoryatul Qur’an Kauman adalah Al Qur’an dan Sunnah dengan pemahaman salaf.
  2. Tujuan Umum Pendidikan di Pondok adalah membentuk generasi thalibul ‘Ilmi yang bermanhaj salaf dalam beraqidah, beribadah, berakhlak, bermuamalah dan berdakwah.

JUAN KHUSUS DAN TARGET PROGRAM PENDIDIKAN :

Tujuan khusus Program Pendidikan adalah :

  1. Menanamkan aqidah yang benar sejak dini.
  2. Menanamkan kecintaan menghafal Al Qur’an dan Hadits.
  3. Membekali pengetahuan dasar-dasar ilmu agama dan bahasa arab yang didukung oleh pengetahuan ilmu umum penting.

TARGET PROGRAM PENDIDIKAN :

  1. Tsanawiyah / Mutawasithoh
  1. Target hafalan Al Qur’an 10 Juz dan Juz 29, 30.
  2. Hafal Hadits Arba’in Nawawi.
  3. Hafalan hadits-hadits ahkam dan pilihan.
  4. Memahami dan menguasai pelajaran ilmu-ilmu syar’i tingkat menengah pertama yang meliputi: Aqidah, Tafsir, Hadits, Fiqih, Akhlaq. Dll.
  5. Memahami dan menguasai bahasa arab tingkat menengah pertama baik lisan, tulisan, maupun baca.
    1. Lisan: Mampu berkomunikasi dan memahami pembicaraan orang lain termasuk ceramah s/d minimal 60%
    2. Tulisan: Mampu menulis dengan kaidah yang benar dengan kecepatan sedang.
    3. Baca: Mampu membaca kitab / media-media berbahasa Arab dengan kaidah yang benar s/d minimal 65 %
  6. Menguasai doa dan praktek ibadah dengan benar.
  7. Mengerti beberapa mata pelajaran umum penunjang seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, dan IPS.
  1. Aliyah
  1. Target hafalan Al Qur’an 15 Juz dan Juz 28, 29, 30.
  2. Hafal Hadits Arba’in Nawawi.
  3. Hafalan hadits-hadits ahkam dan pilihan.
  4. Memahami dan menguasai pelajaran ilmu-ilmu syar’i tingkat menengah atas yang meliputi: Aqidah, Tafsir, Hadits, Fiqih, Akhlaq dll.
  5. Memahami dan menguasai bahasa arab tingkat menengah atas baik lisan, tulisan, maupun baca.
    1. Lisan: Mampu berkomunikasi dan memahami pembicaraan orang lain termasuk ceramah s/d minimal 80%
    2. Tulisan: Mampu menulis dengan kaidah yang benar dengan kecepatan lebih baik.
    3. Baca: Mampu membaca kitab/media-media berbahasa Arab dengan kaidah yang benar s/d minimal 85%
  6. Menguasai doa dan praktek ibadah dengan benar.
  7. Mengerti beberapa mata pelajaran umum penunjang seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, dan IPS.

SUSUNAN KURIKULUM & ALOKASI WAKTU :

Program pendidikan di Pondok diberikan dalam bentuk bidang studi atau mata pelajaran dengan alokasi waktu/SKS persemester perkelas sebagai berikut:

 

TSANAWIYAH/MUTAWASITHAH & ALIYAH

NO MATA PELAJARAN SKS
MTW/ TSA ALIYAH
I II III I II III
1 Hifdzul Qur’an 6 6 6 6 6 6
2 Tajwid al-Qur’an 2 2 2 2 1 1
3 Aqidah 4 4 4 4 4 4
4 Hadits 4 4 4 4 4 4
5 Fiqh 4 4 4 4 4 4
6 Tafsir 2 4 4 4 4 4
7 Akhlak 2 2 2
8 Shiroh Nabi 2 2 2
9 Tadrib Lughawi 10 9 8
10 Ta’bir/Insya 2 2 2
11 Muthalaah 2 2 2
12 Faraid 2 2
13 Ulumul Qur’an 2 2 2
14 Ulumul Hadits 3 3 3
15 Ushul Fiqh 3 2 2
16 Siroh 2 2
17 Tarikh 2 2 2
18 Khot 1 1 1
19 Imla’ 1 1 2
20 Nahwu 3 3 3
21 Shorof 3 2 2
22 Qowa’id Nahwi 4 4 4
23 Ta’bir 3 2 2
24 Balaghah 2 2 2
25 Adab – Lughah 2 2
26 Tadris 2
27 Bahasa Indonesia 2 2 2 2 2 2
28 Bahasa Inggris 2 2 2 2 2 2
29 Matematika 2 2 2 2 2 2
30 IPA 2 2 2
TOTAL SKS 54 54 54 53 54 54

 

Catatan : Untuk beberapa pelajaran umum ditambah bimbingan belajar di luar kelas.

Materi pelajaran yang diberikan berdasarkan buku-buku sebagai acuan dasar bagi para asatidzah, disamping menggunakan maroji’ lainnya.

 

MUTAWASITHAH/TSANAWIYAH

Kelas I

No. Pelajaran Jam Keterangan
1. Hifdzul Qur’an 6 Juz 30, 29, 1, 2
2. Ilmu Tajwid 2 Pedoman Dauroh Al Qur’an
3. Tauhid 4 Kitab Tauhid Kelas 1
4. Hadits 4 Kitab Hadits 1
5. Fiqih 4 Kitab Fiqih 1
6. Tafsir 4 Kitab Tafsir 1
7. Adab wal Akhlaq 2 Minhajul Muslim (Adab & Akhlaq)
8. Siroh nabi 2 Khulashoh Nurul Yakin I
9. Tadrib Lughowi 9 Al Arabiyah Lin Nasyiin Jilid 1,2
10. Khot 1 Qowaid Khot
11. Imla’ 1 Qowaid Imla’
12. Nahwu 3 Nahwu Wadhih 1
13. Shorof 2 Kitabu Tasrif 1
14. Ta’bir / Insya’ 2 Ta’bir 1, Silsilah Ta’lim Al Arabiyah
15. Muthola’ah 0
16. B. Indonesia 2
17. B. Inggris 2 Modul Kejar Paket B kls I
18. Matematika 2 Modul Kejar Paket B kls I
19. IPA 2 Modul Kejar Paket B kls I
20. IPS EXTRA Modul Kejar Paket B kls I
Jumlah 54

Catatan:
Untuk beberapa pelajaran umum, ditambah bimbingan belajar di luar kelas.

 

Kelas II

No. Pelajaran Jam Keterangan
1. Hifdzul Qur’an 6 Juz 3, 4, 5, 6
2. Ilmu Tajwid 2 Ilmu Tilawah
3. Tauhid 4 Kitab Tauhid Kelas 2
4. Hadits 4 Kitab Hadits 2
5. Fiqih 4 Kitab Fiqih 2
6. Tafsir 4 Kitab Tafsir 2
7. Adab wal Akhlaq 2 Minhajul Muslim (Adab & Akhlaq)
8. Siroh nabi 2 Khulashoh Nurul Yakin II
9. Tadrib Lughowi 9 Al Arabiyah Lin Nasyiin Jilid 3,4
10. Khot 1 Qowaid Khot
11. Imla’ 1 Qowaid Imla’
12. Nahwu 3 Nahwu Wadhih 2
13. Shorof 2 Kitabu Tasrif 2
14. Ta’bir / Insya’ 2 Ta’bir 1, Silsilah Ta’lim Al Arabiyah
15. Muthola’ah 0
16. B. Indonesia 2
17. B. Inggris 2 Modul Kejar Paket B kls II
18. Matematika 2 Modul Kejar Paket B kls II
19. IPA 2 Modul Kejar Paket B kls II
20. IPS EXTRA Modul Kejar Paket B kls II
Jumlah 54

Catatan:
Untuk beberapa pelajaran umum, ditambah bimbingan belajar di luar kelas.

 

Kelas III

No. Pelajaran Jam Keterangan
1. Hifdzul Qur’an 6 Juz 7, 8, 9, 10
2. Ilmu Tajwid 2 Ilmu Tilawah
3. Tauhid 4 Kitab Tauhid Kelas 3
4. Hadits 4 Kitab Hadits 3
5. Fiqih 4 Kitab Fiqih 3
6. Tafsir 4 Kitab Tafsir 3
7. Adab wal Akhlaq 2 Minhajul Muslim (Adab & Akhlaq)
8. Siroh nabi 2 Khulashoh Nurul Yakin III
9. Tadrib Lughowi 8 Al Arabiyah Lin Nasyiin Jilid 5,6
10. Khot 1 Qowaid Khot
11. Imla’ 1 Qowaid Imla’
12. Nahwu 3 Nahwu Wadhih 3
13. Shorof 2 Kitabu Tasrif 3
14. Ta’bir / Insya’ 2 Ta’bir 1, Silsilah Ta’lim Al Arabiyah
15. Muthola’ah 1 Suwar Min Hayatu Shohabah
16. B. Indonesia 2
17. B. Inggris 2 Modul Kejar Paket B Kls III
18. Matematika 2 Modul Kejar Paket B Kls III
19. IPA 2 Modul Kejar Paket B Kls III
20. IPS EXTRA Modul Kejar Paket B Kls III
Jumlah 54

Catatan:
Untuk beberapa pelajaran umum, ditambah bimbingan belajar di luar kelas.

 

ALIYAH

Kelas I

No. Pelajaran Jam Keterangan
1 Hifdzul Qur’an 6 Juz 30, 29, 28, 1, 2
2 Tajwidul Qur’an 2 Haqqut Tilawah
3 Aqidah 4 Syarah Aqidah Wasithiyah
4 Hadits 4 Taisir al-Alam, Syarh Umdatil Ahkam
5 Fikih 4 Al Wajiz fi fiqhis Sunnah wal Kitab al Aziz (Kitab Thaharah – Kitab ash-Shalah)
6 Tafsir 4 Muqorror Tafsir
7 Faraidh 2 Iddatul Bahits fi Ahkam at-Tawaruts
8 Akhlaq 2 Huquq da’at ilaiha al Fithrah
9 Ulumul Qur’an 2 Ushul Tafsir
10 Ulumul Hadits 3 – At Ta’liqot Al Atsariyyah
– Min Athyabil Minan fi ilmi al-Musthalah
11 Usul Fiqih 3 Al Usul Min Ilmi Usul
12 Qowa’id 4 At Tuhfah as-Saniyah, Syarh al-Jurumiyah
13 Ta’bir 3 Silsilah Ta’lim al-Lughah al-Arabiyah
14 Khat 2 Muqoror Khot – Diktat
15 Muthala’ah 3 Suwar Min Hayati Tabiin
16 Balaghah 2 Balaghoh Wadhihah
17 Adab Lughah 0
18 Siroh 2 Mukhtashor Siroh Rosul
19 Tarikh 2 Al Khulafaur Rosyidun
20 Tadris 0
Jumlah 54

 

Kelas II

No. Pelajaran Jam Keterangan
1. Hifdzul Qur’an 6 Juz 3, 4, 5, 6, 7
2. Tajwidul Qur’an 2 Haqqut Tilawah
3. Aqidah 4 – Syarah Aqidah Wasithiyah
– Al-Qawa’idul Mutsla fi Shifatillahi wa Asma’ihi al-Husna
4. Hadits 4 Taisir al-Alam, Syarh Umdatil Ahkam
5. Fikih 4 Al Wajiz fi fiqhis Sunnah wal Kitab al Aziz (Kitab al-Janaiz – Kitab an-Nikah)
6. Tafsir 4 Muqorror Tafsir
7. Faraidh 2 Iddatul Bahits fi Ahkam at-Tawaruts
8. Akhlaq 2 Syarah Hilyah Thalibil Ilmi
9. Ulumul Qur’an 3 Al-Qawa’idul Hisan (Qoidah 1-30)
10. Ulumul Hadits 3 An-Nukat a’la Nuzhatun Nadhor
11. Usul Fiqih 2 Syarah al-Waraqat
12. Qowa’id 4 Ta’jilun Nada
13. Ta’bir 2 Ta’bir al-Mutathowar (bagian I)
14. Khat 2 Muqoror Khot – Diktat
15. Muthala’ah 2 Suwar Min Hayati Tabiin
16. Balaghah 2 Balaghoh Wadhihah
17. Adab Lughah 2 Al-Adab, (Silsilah Ta’lim al-Lughah)
18. Siroh 2 Mukhtashor Siroh Rosul
19. Tarikh 2 Al Khilafah ar-Umawiyah
20. Tadris 0
Jumlah 54

Kelas III

No. Pelajaran Jam Keterangan
1. Hifdzul Qur’an 6 Juz 8, 9, 10, 11, 12
2. Tajwidul Qur’an 2 Haqqut Tilawah
3. Aqidah 4 Taqrib at-Tudmuriyah
4. Hadits 4 Taisir al-Alam, Syarh Umdatul Ahkam
5. Fikih 4 Al Wajiz fi fiqhis Sunnah wal Kitab al Aziz (sepertiga III, Kitab al-Buyu’ – Kitab al-’Ataq)
6. Tafsir 4 Muqorror Tafsir
7. Faraidh 2 Iddatul Bahits fi Ahkam at-Tawaruts
8. Akhlaq 2 Syarah Hilyah Thalibil Ilmi
9. Ulumul Qur’an 3 Al-Qawa’idul Hisan (Qoidah 1-30)
10. Ulumul Hadits 3 An-Nukat a’la Nuzhatun Nadhor
11. Usul Fiqih 2 Syarah al-Waraqat
12. Qowa’id 4 Ta’jilun Nada
13. Ta’bir 2 Ta’bir al-Mutathowar
14. Muthala’ah 2 Al-Muthola’ah al-Arabiyah
15. Balaghah 2 Balaghoh Wadhihah
16. Adab Lughah 2 Al-Adab, (Silsilah Ta’lim al-Lughah)
17. Siroh 2 Mukhtashor Siroh Rosul
18. Tarikh 2 Al Khilafah al-Abasiyyah
19. Tadris 2 Ushulu Tadris
Jumlah 54

Catatan : seluruh materi umum menggunakan buku/modul kejar paket C.

 

TQM & I’DAD LUGHAWI

No. Pelajaran Jam Keterangan
1. Hifdzul Qur’an 6
2. Ilmu Tajwid 2 Mulakhos fii Ilmit tajwid / Ilmu Tajwid
3. Tauhid 4 Matan Kitabut Tauhid(qaulus sadid)
4. Hadits 4 Al-Wajiz (Kitabut Thoharoh – Kitabut Sholah)
5. Fiqih 4 Arbain Nawawiyah Ma’a Ziyadah ibnu Rojab
6. Tafsir 2 Muqorror Mutawasithoh kls I
7. Adab wal Akhlaq 2 Minhajul Muslim (Bab adab wal akhlak)
8. Siroh nabi 14 Al-arobiyatun Nasyiin jilid II keatas
9. Tadrib Lughowi 4 Nahwul Wadhih I keatas
10. Khot 4 Kitabut Tashrif (A.Hasan) jilid I ke atas
11. Imla’ 2 Silsilah Khot Mustawa awwal keatas
12. Nahwu 2 Silsilah Imla (Qowid Imla’)
13. Shorof 4 Silsilah Al-Arobiyah At-Ta’bir jilid I keatas / At-Ta’bir lighairi an-Nathiqin bil Arabiyah
Jumlah 54

 

 

 

WAKTU PEMBELAJARAN :

  1. Hafalan al-Qur’an yang mengambil waktu di luar jam kelas untuk semua jenjang dihargai 6 SKS.
  2. Jam pelajaran kelas dalam setiap minggu untuk Mutawasithah/Tsanawiyah dan Aliyah adalah 48 jam”.
  3. Untuk mata pelajaran ketrampilan dilaksanakan dengan alokasi waktu tersendiri menerapkan metode “Cara Belajar Santri Aktif”.
  4. Untuk jenjang mata pelajaran umum dilaksanakan dengan alokasi waktu tersendiri menerapkan metoda “Bimbingan Belajar Intensif”.


SISTEM PENILAIAN :

  1. Penilaian dihitung berdasarkan jumlah mata pelajaran seluruhnya per pekan, inilah yang dimaksud dengan Satuan Kredit Semester (SKS). Nilai masing-masing pelajaran dikalikan dengan jumlah jam mata pelajaran tersebut per pekannya. Kemudian jumlah nilai seluruh mata pelajaran dibagi dengan total SKS, yang hasilnya merupakan IP (Indeks Prestasi) santri per semester.
  2. IP santri tiap semester digabungkan dengan IP semester-semester berikutnya. Nilai IP gabungan ini dinamakan nilai Indeks Prestasi Komulatif (IPK). Nilai IPK ini baru ada setelah semester ke 2 dan selanjutnya.
  3. Jumlah maksimal untuk setiap mata pelajaran per semester adalah 100, sehingga nilai untuk satu tahun adalah 200 per mata pelajaran dibagi dua, sama dengan 100 (hasil penggabungan dan pembagian nilai semester 1&2) di bagi jumlah semester.
  4. Perinciannya adalah sebagai berikut:
    1. Nilai ulangan harian maksimal 30. Ulangan harian bisa dilakukan lebih dari satu kali (tergantung masing-masing pengajar/ustadz). Nilai 30 ini sudah mencakup nilai subyektifitas dari masing-masing pengajar/ustadz.
    2. Nilai ulangan akhir semester adalah 70.
  5. Rapor Hafalan ada sendiri formatnya, selanjutnya nilai akhir/kumulatif hafalan di masukkan ke raport utama dengan jumlah bobot 6 SKS.

PROGRAM PENGAJARAN, REFERENSI DAN METODE PENYAMPAIAN :

  1. Garis-garis besar program pengajaran disusun menurut bidang studi atau mata pelajaran.
  2. Buku pegangan refrensi atau rujukan Kitab/bahan-bahan pelajaran tercantum dalam lampiran.
  3. Dalam metode penyampaian digunakan pendekatan berdsarkan karakteristis Pondok, yang dikembangkan melalui model satuan pelajaran khusus.

 

HAFALAN AL-QUR’AN :

Metode hafalan yang digunakan adalah :

  • Tahfizh atau setoran hafalan baru.
  • Murojaah atau pengulangan hafalan dari yang sudah dihafal pada hari sebelumnya, sebelum satu juz.
  • Manzil  atau kenaikan tingkat hafalan dari hafalan yang sudah mencapai satu juz.

Adapun target hafalannya adalah sebagai berikut :

Kelas Target Efektif Setoran
TSANAWIYAH
I 4 juz
II 4 juz
III 4 juz
ALIAYAH
I 5 juz
II 5 juz
III 5 juz

Catatan : Target hapalan dapat ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan.

 

TEKNIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TAHFIZH :

  1. Untuk santri kelas I:
  1. Santri menghafal dengan cara dipandu oleh pembimbing, bisa divariasikan dengan memperdengarkan kaset kepada santri.
  2. Materi Iqra’ diberikan di jam kelas secara efektif dengan target naik ke kelas II sudah bisa membaca dengan baik dan benar.
  1. Untuk santri kelas II :
  1. Tahfizh atau setoran hafalan baru, santri membacakan terlebih dahulu dihadapan pengampu sambil dibenarkan bila ada bacaan yang salah, untuk kemudian santri menghafal secara mandiri pada saat persiapan (dibawah pengawasan pengampu).
  2. Murojaah : 1/4 juz per hari
  3. Manzil : 1/4 juz – 1/2 juz per hari
  4. Materi Tajwid secara teori belum diberikan, akan tetapi santri diberi bimbingan praktik dalam membaca al-Qur’an dengan baik dan benar di jam kelas di mulai dari juz 1 sampai juz 30.
  1. Untuk santri kelas III – VI
  1. Tahfizh atau setoran hafalan baru, santri membacakan terlebih dahulu di hadapan pengampu sambil dibenarkan bila ada bacaan yang salah (untuk menghindari kemungkinan santri salah menghafal), untuk kemudian santri menghafal secara mandiri pada saat persiapan.
  2. Murojaah : 1/4 juz per hari
  3. Manzil : 1/2 juz – 1 juz per hari
  4. Teori tajwid mulai diberikan secara bertahap sampai kelas 6 dengan alokasi waktu di luar jam halaqah (masuk jam kelas).
  1. Jadwal Kegiatan Hafalan al-Qur’an (Halaqah)
  1. Pagi: 05.00 – 06.30 (1,5 jam)
  2. Sore: Ba’da Ashar – 17.00 (1,5 jam)
  3. Malam : Ba’da Maghrib (1 jam) dan Ba’da Isya (1 jam)

 

IJAZAH KESETARAAN :

Berdasarkan Surat Edaran Mendiknas No. 107/MPN/MS/2006 tentang Eligibitas Program Kesetaraan bahwa hasil pendidikan non-formal, dapat dihargai setara dengan hasil program pendidikan formal.

Mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (UU No. 20/2003 Sisdiknas Pasal 26 Ayat 6), Pondok Pesantren Qoryatul Qur’an menyelenggarakan Program Kesetaraan secara mandiri, dan menjadi binaan Direktur Jendral Pendidikan Non Formal dan Informal (Dirjen PNFI) Departemen Pendidikan Nasional. Secara teknis, pembelajaran dan pelaksanaan ujian semester dilaksanakan secara mandiri. Untuk Ujian Nasional Paket Kesetaraan (UNPK) diselenggarakan bersama oleh Dinas Pendidikan.

 

 

 

PROGRAM PENGASUHAN

  1. TUJUAN

Memberikan penjelasan tatalaksana kepengasuhan, agar kegiatan dan program pendidikan pondok dapat berjalan dengan baik.

  1. RUANG LINGKUP

Pedoman kepengasuhan mencakup hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan kepengasuhan, meliputi: pemberian contoh, tuntunan, petunjuk serta keteladanan, yang dapat diterapkan atau ditiru santri dalam sikap dan perilaku sehari-hari (berakhlaqul karimah).

  1. PENGERTIAN
  • Pengasuh adalah wakil orang tua/wali dalam hal pendidikan di luar kelas.
  • Kepengasuhan adalah semua kegiatan pendidikan diluar kelas.
  • Keteladanan adalah sesuatu perbuatan yang patut ditiru.
  • Tuntunan adalah bimbingan bagi santri untuk berbuat kebajikan.
  • Petunjuk adalah nasihat/ajaran /ketentuan-ketentuan mengenai sesuatu hal yang harus dilakukan oleh santri.
  1. STATUS KEPENGASUHAN

Kepengasuhan dilaksanakan diseluruh program.

  1. TATA LAKSANA
  • Pengasuh menjadi orang tua santri selama dalam asrama, diluar jam kelas, dan jam menghafal.
  • Pengasuh mengarahkan santri agar dapat mandiri dalam melakukan aktifitas pribadi sehari-hari.
  • Pengasuh mendidik anak dalam hal kehidupan sebagai santri di Pondok
  • Pengasuh selalu melakukan koordinasi/komunikasi dengan konsultan dan pengurus yayasan yang berhubungan dengan penanganan santri.
  • Pengasuh mengarahkan anak untuk membuat suasana asrama menjadi nyaman, bersih, rapi, indah serta sehat secara mandiri.
  • Pengasuh melaksanakan uraian tugas sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

KEGIATAN KOMPUTER & EKTRAKURIKULER

  1. TUJUAN

Untuk mendukung ponpes dalam meningkatkan kualitas pendidikan dibidang ketrampilan/keahlian (program ekstrakurikuler).

  1. FUNGSI
  • Sebagai sarana mengembangkan diri atau meningkatkan kualitas santri.
  • Sebagai sarana belajar maktabah digital
  • Sebagai pusat data dan informasi ponpes.
  • Memberikan kemudahan dalam upaya meningkatkan KBM.
  1. ARAH PENGEMBANGAN

Untuk pengembangan akan dilaksanakan program berkesinambungan, berupa:

  • Pelatihan & sertifikasi pelatihan komputer bagi para santri
  • Target terbentuknya laboratorium komputer.
  • Terbentuknya maktabah digital yang lengkap.
  1. PEMBIAYAAN

Sumber dana Labkom diperoleh dari:

  • Dana Yayasan.
  • Sumber pembiayaan lain yang tidak mengikat.

 

PERPUSTAKAAN

  1. TUJUAN

Mendukung, memperlancar dan meningkatkan kualitas pelaksanaan program pendidikan di Ponpes.

  1. FUNGSI
  • Sebagai sarana penunjang proses belajar-mengajar.
  • Sebagai sumber pengembangan kurikulum.
  • Sebagai sarana pembinaan kegemaran membaca para santri
  • Sebagai pusat dikumpulkannya bahan-bahan atau sumber pengajaran
  1. SISTEM PELAYANAN MAKTABAH

Pelayanan peminjaman buku menerapkan sistem terbuka (open access), artinya anggota maktabah yang akan meminjam buku dapat langsung memilih/mencari buku yang dikehendaki.

  1. ARAH PENGEMBANGAN
  1. Penataan administrasi maktabah.
  2. Penambahan koleksi pustaka :
    • Bahan-bahan tentang pelajaran yang erat hubungannya dengan kurikulum (mata pelajaran).
    • Bahan-bahan referensi (kitab, kamus, ensiklopedi dsb).
    • Bahan-bahan yang diperlukan bagi pengembangan ustadz
    • Bahan-bahan bacaan bacaan yang banyak berhubungan dengan kegiatan pendidikan di Ponpes.
  1. Pengembangan gedung maktabah.
  1. PEMBIAYAAN

Sumber dana maktabah diperoleh dari:

  • Kas Yayasan
  • Sumber pembiayaan lain yang tidak mengikat.

PENUTUP

Kurikulum pendidikan Pondok ini berlaku sejak tanggal ditetapkan. Hal-hal lain yang belum diatur dalam kurikulum ini, akan diatur lebih lanjut dalam ketentuan tersendiri.

 

******

Penyusun

Tim Litbang

*Dari berbagai sumber

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s